Cara Melakukan Puasa Weton dan Manfaatnya

Cara Melakukan Puasa Weton dan Manfaatnya

Puasa Weton merupakan sebuah normalitas berasal dari kebudayaan Jawa. Dilansir berasal dari beberapa sumber, Puasa Weton umumnya ditunaikan untuk memperingati hari kelahiran seseorang. Puasa Wetona tau wetonan biasa ditunaikan jika orang yang perihal mempunyai hajat atau permintaan yang dianggap perlu dan menghendaki harapannya langsung terwujud.
Ada banyak variasi style Puasa Weton, yaitu Wetonan sehari penuh, Wetonan tiga hari, dan Wetonan tiga hari (diulang tujuh kali).

Wetonan sehari penuh adalah puasa yang ditunaikan selama sehari semalam atau 24 jam.
Wetonan tiga hari adalah puasa yang ditunaikan selama tiga hari bersama hari kelahirannnya yang dijepit ditengah. Jadi, laksanakan puasa satu sebelum hari kelahiran, kala hari kelahiran, dan satu hari sehabis hari kelahiran.
Wetonan tiga hari (diulang tujuh kali) adalah puasa yang ditunaikan tiap tiap bulan (setiap siklus) selama tujuh bulan berturut-turut. Jenis puasa ini bisanya ditunaikan jika tersedia permintaan jangka panjang yang amat menghendaki diwujudkan dan sebagai penutupnya diselenggarakan ritual sesaji atau syukuran.

Tata Cara dan Manfaat Puasa Weton
Cara laksanakan Puasa Weton

Sebelum puasa, berdoalah di luar rumah bersama menghadap ke arah timur.
Setelah puasa, berdoalah lagi bersama ucapan syukur karena sudah diberi kekuatan untuk laksanakan puasa tersebut.
Proses penutupan puasa adalah bersama mandi kembang tujuh rupa atau kembang setaman. Proses mandi ditunaikan bersama langkah mengguyur air berasal dari kepala sampai kaki.
Hidangkan makanan berbentuk tujuh macam jajanan pasar disaat berbuka. Siapkan terhitung bubur merah putih

Adapun kegunaan berasal dari Puasa Weton adalah menaikkan kepekaan batin para pelakunya, media proteksi berasal dari kesialan, dikabulkannya hajar pelakunya. Namun, wajib diingat bahwa ini adalah keliru satu wujud budaya Indonesia bukan ajaran berasal dari agama tertentu. Sungguh kaya budaya kita, ya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*