Contoh Teks Eksplanasi perihal Kebudayaan Indonesia

Contoh Teks Eksplanasi perihal Kebudayaan Indonesia

Contoh Teks Eksplanasi perihal Kebudayaan Indonesia

Contoh teks eksplanasi sebenarnya memadai mudah ditemukan, dikarenakan terhadap dasarnya sebenarnya banyak wawasann dan pengetahuan yang sanggup kita pelajari hanya bersama dengan terhubung internet saja. Zaman teknologi layaknya ini sebenarnya terlalu mungkin segala macam Info terlampau mudah untuk didapatkan. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya saja, bukan?
Kali ini, tersedia satu perumpamaan teks eksplanasi yang akan menjabarkan perihal salah satu kebudayaan Indonesia yang terlampau luar biasa, dan seharusnya dilestarikan hingga kapan pun. Yaitu perihal budaya bermasyarakat gotong royong, yang kerap dijalankan di salah satu area di Indonesia.

Masyarakat Kerinci merupakan grup masyarakat yang tinggal di Dataran Tinggi Kerinci, Jambi. Mereka hidup dekat bersama dengan alam, agar lumrah saja punya beragam peninggalan jejak budaya dan kearifan lokal yang terlampau berharga. Salah satunya adalah serayo.

Serayo, atau yang kerap termasuk disebut nyanyo, sanggup didefinisikan sebagai suatu kesibukan bersama dengan yang dijalankan oleh masyarakat Kerinci, untuk tujuan bersama dengan termasuk bersama dengan dorongan gotong royong.

Tak diketahui bersama dengan pasti juga, awal mula timbulnya serayo ini. Diduga, kesibukan yang termasuk disebut baselang atau berselang—dari bahasa Melayu—ini keluar pertama kali untuk menyebut kesibukan menggarap lahan atau sawah bersama-sama. Orang yang punya lahan atau sawah yang besar butuh perlindungan orang lain untuk mengelolanya, tetapi orang yang tak punya lahan akan menumpang menanam dan mengerjakannya, dan kemudian saling sharing hasil pertaniannya.

Hingga akhirnya, kesibukan serayo ini tak hanya berhenti terhadap soal penggarapan lahan atau sawah saja, namun termasuk dijalankan dan menjadi rutinitas masyarakat Kerinci sehari-harinya. Misalnya peternakan, pembangunan rumah, hingga bersama dengan upacara adat.

Aktivitas ini sanggup dibagi menurut kuantitas orang orang yang terlibat. Yang berskala kecil, biasanya hanya melibatkan 5 – 10 orang, dan disebut mbobo. Biasanya ini dijalankan dikala tersedia upacara rutinitas atau hajat didalam lingkup keluarga atau kerabat. Yang berskala besar, disebut andin, dan melibatkan lebih berasal dari 10 orang didalam aktivitasnya. Salah satu perumpamaan kesibukan berskala besar adalah pembukaan lahan.
Nah, demikian perumpamaan teks eksplanasi perihal budaya Indonesia yang sanggup dilihat. Anda sanggup mengembangkannya lagi, bersama dengan tingkatkan Info berasal dari sharing sumber, hingga mencukupi tujuan panjang teks eksplanasi yang Anda inginkan.