Kapolda Papua Mewajibkan Semua Anggota Paham Budaya Papua

Kapolda Papua Mewajibkan Semua Anggota Paham Budaya Papua

uchitenglish – Kapolda Papua, Pol Mathius D Fakhiri meminta anggota Brimob Nusantara memahami betul budaya Papua. Personel Brimob Pulau yang diberangkatkan ke Papua, Satgas Nemangkawi, dan Satgas Pengamanan Kawasan Rentan (Pam Rahwan) juga harus ditentukan.

“Saya berharap kehadiran rekan-rekan Brimob Nusantara dari seluruh pelosok negeri yang melaksanakan penugasan di Tanah Papua sekarang ini harus betul-betul bisa memahami bagaimana kultur budaya menghadapi orang Papua,” kata Mathius di Timika, Papua, Minggu (14/3/2021).

“Tegas itu bukan berarti keras. Kekerasan itu harus kita hentikan. Tapi kita juga tidak boleh lembek-lembek. Saya meminta para senior untuk memberikan pemahaman kepada adik-adik Brimob Nusantara dari berbagai Polda yang saat ini melaksanakan penugasan di Papua,” ucap Mathius.

Putra asli Papua asal Fakfak ini baru dua minggu diangkat menjadi Kapolri di Papua. Mathius mengatakan, anggota polisi dan TNI yang saat ini bertugas kerap diboikot oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Ia mengatakan, kelompok KKB sudah lama ditangguhkan, seperti di Mimika. Namun, baru-baru ini kembali ke versi baru dan melakukan serangkaian aksi kekerasan.

Saat menghadapi KKB, Mathius mengingatkan para prajurit untuk mengambil tindakan tegas dan hati-hati.

Mathius mengatakan: “Di mana pun kami bekerja, kami akan menjunjung tinggi landasan budaya masyarakat sehingga tindakan yang kami lakukan tidak akan menimbulkan masalah lain yang dapat merusak kepercayaan publik.”

Kapolda Papua juga mengajak Polri, termasuk Polri dan Brimob, untuk terus membangun dan menjaga kerjasama, kekompakan dan kekompakan dengan seluruh unit TNI.

Ia menyebut: “Pilar satu-satunya negara ini adalah kita (TNI dan Polri), jadi kita harus benar-benar mewujudkan kerjasama dan persatuan antara TNI dan Polri ketika kita menjalankan tugas kita di lapangan.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*