Kurator Seni Sebut Islam Memiliki Budaya Yang Kaya Dan Agung

uchitenglish – Kurator seni Bambang Asrini Widjanarko mengatakan bahwa Islam tidak hanya memiliki Alquran, tetapi juga memiliki budaya yang kaya dan cemerlang. Ia mengatakan dalam webinar “Seni Islam, Kaligrafi dan Perkembangannya di Indonesia” bahwa umat Islam di dunia memuja keindahan tradisi seni Islam yang transenden dari masa ke masa.

Kurator Seni Sebut Islam Memiliki Budaya Yang Kaya Dan Agung

Karena karya seni merupakan wakil ‘alam al misal (alam misal), ia bertindak sebagai perantara atas alam manusia dan alam semesta ketuhanan.

Bambang mengatakan pada hari Minggu: “Seni adalah kreativitas manusia. Itu membuat kita terpesona dan kemudian membawa kita lebih dekat kepada Tuhan.”

Ia menuturkan, budaya Islam diwujudkan dalam seni rupa yang berkaitan dengan kaligrafi tumbuhan dan seni hias. Pada abad 19 dan 20, peradaban Eropa juga terinspirasi oleh Islam.

“Terutama pelukis seperti Rembrandt, Delacroix, dan Matisse.”

Ia mengatakan, inspirasi pelukis berasal dari seni miniatur Islam, yang menunjukkan corak beton, bentuk geometris atau bentuk dasar tubuh dan alam manusia secara abstrak dengan seni Islam di Persia, Afrika, Cina, Tibet atau India.

“Kami ingat bahwa Goethe, salah satu ikon dunia seni Jerman, Sangat memuja Nabi Muhammad.”

Ia juga mengatakan bahwa Goethe juga mempelajari masalah teori warna, Selama ini teori warna telah memberikan kontribusi yang besar bagi seni yang berpengaruh di dunia.

Penelitian Goethe tentang teori warna juga mempengaruhi seniman Rusia Wassily Kandinsky, seorang pelukis abstrak ikonik, memperkenalkan warna pada lukisannya dan kemudian dihubungkan dengan idealisme.

Ia juga menyinggung beberapa tempat pameran seni yang menampilkan keindahan kaligrafi, seperti Museum of the Future di Dubai, Uni Emirat Arab, yang eksteriornya dihiasi kaligrafi Arab dan juga bisa dijadikan jendela.

Karya seni yang berhubungan dengan Islam telah dipamerkan di seluruh dunia, dan British Museum adalah salah satunya. Ia berharap bisa menampilkan Indonesia yang memiliki banyak seni Islam dari Aceh hingga Nusa Tenggara Barat untuk menampilkan tradisi Islam di negeri kaya ini.

Pada kesempatan yang sama, pelukis dan kaligrafi Said Akram menjelaskan perkembangan kaligrafi Indonesia. Pada 1990-an, berbagai pameran kaligrafi digelar di Tanah Air. Ia menambahkan, seni Islam harus terus berkembang di Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*