Ndalem Kaneman: Tempat Wisata Sekaligus Pelestari Budaya Khas Keraton Yogya

Ndalem Kaneman: Tempat Wisata Sekaligus Pelestari Budaya Khas Keraton Yogya

Ndalem Kaneman: Tempat Wisata Sekaligus Pelestari Budaya Khas Keraton Yogya

Bicara perihal Yogyakarta, pasti amat banyak hal yang mampu dibicarakan. Mulai berasal dari indahnya Jl. Malioboro, Kuliner di Alun alun kidul, dan juga Keraton Yogyakarta. Namun ada satu tempat wisata yang wajib masuk dalam daftar target saat mampir ke Yogyakarta, yakni Ndalem Kaneman yang berlokasi di Jl. Kadipaten Kidul No.44, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dulunya Ndalem Kaneman adalah tempat untuk pembantu spesifik bagi putra mahkota, di masa pemerintahan Sri Sultan HB VI. Sekarang Ndalem Kaneman ditempati oleh dua putra GKR. Anom Adibrata, yakni RM. Aryo Santigi dan RM. Bramanto Nurdewana. Lalu atas izin berasal dari pihak Keraton Yogyakarta, ke dua putra ini pakai Ndalem Kaneman sebagai restoran dan tempat pelestarian budaya. Yang unik berasal dari restoran Ndalem Kaneman yakni menu makanan yang di sajikan adalah menu-menu kesukaan para raja-raja di Keraton Yogyakarta.

“Seperti bir jawa, pisang keju dan manuk nom itu makanan-makanan kecil yang disukai para sultan,” kata Aris, selaku pengelola Ndalem Kaneman. Kemudian terkandung juga pertunjukan seni budaya khas Kraton Yogyakarta yang ditampilkan disini. Diantaranya Tari Ramayana, Karawitan model Yogyakarta, dll. Tak cuma melihat saja, para pengunjung juga mampu sekaligus studi menari dan juga memainkan alat musik layaknya gamelan, gong, dan juga gendang yang berada di tengah-tengah pendopo.

Seperti yang kita ketahui bahwa Yogyakarta adalah salah satu kota besar yang punyai kesenian dan juga kebudayaan yang tinggi. Maka amat disayangkan apabila kesenian dan kebudayaan yang sudah ada ini wajib punah. Maka berasal dari itu Aris selaku pengelola mengharapkan sesudah para wisatawan mampir ke Ndalem Kaneman, mereka mampu memperkenalkan kesenian dan kebudayaan khas Keraton Yogyakarta ini diluar sana.

Disinggung perihal pandemi, Aris mengatakan bahwa wisatawan yang menghendaki mampir ke Ndalem Kaneman wajib menaati protokol kesehatan, layaknya membersihkan tangan, memakai masker dan juga menjaga jarak. Ndalem Kaneman juga sudah melengkapi kesiapannya dalam terima pengunjung di masa pandemi bersama jalankan cek suhu bersama thermogun dan juga sedia kan tempat spesifik cuci tangan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*