Pemerintah Sumsel Perjuangkan Pempek Jadi Warisan Budaya Ke Unesco

Pemerintah Sumsel Perjuangkan Pempek Jadi Warisan Budaya Ke Unesco

uchitenglish– Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan berkomitmen untuk memperebutkan ciri khas daerah Kota Palembang, dan Pempek telah menjadi Warisan Budaya Tak benda UNESCO (WBTB). Saat ini usulan tersebut sedang dalam tahap perencanaan di tingkat pusat.

“Sebelum dijauhkan ke UNESCO pada Maret 2021, Pempek sedang dikurasi ditingkat pusat menjadi satu kelas dunia WBTB,” kata Aufa Syahrizal, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Aufa Syahrizal yang berbasis di Palembang, Selasa (16/3/2021).

Dijelaskannya, untuk melindungi warisan budaya tak benda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mensertifikasi berbagai warisan budaya takbenda di setiap daerah (provinsi, daerah, dan kota).

Untuk memberikan penilaian cagar budaya yang dinilai sangat menarik, unik dan harus dilestarikan, mohon dukungan semua pihak (penthahelix) agar Pempek bisa menjadi WBTB kelas dunia UNESCO.

Menurutnya, setiap daerah akan memiliki peluang seluas-luasnya untuk mengajukan cagar budaya tak benda yang direncanakan oleh Tim Ahli WBTB Indonesia.

Selain Pempek, pihaknya juga berupaya mengajukan warisan budaya lain untuk sertifikasi dan memperjuangkan pengakuan kelas dunia.

Ia mengatakan: “Melalui upaya ini, kami berharap warisan budaya yang kami miliki dapat menjaga keberlanjutan pembangunan dan menjadi kebanggaan serta daya tarik wisatawan.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*