Penataan Candi Borobudur Masih Menunggu Izin Kemendikbud

Penataan Candi Borobudur Masih Menunggu Izin Kemendikbud

uchitenglish – Penataaan Kawasan Candi Borobudur yang sudah dimulai 2020 lalu belum seluruhnya beres. 3 di antara 4 akses gerbang yang direncanakan belum dapat digarap, yakni Gerbang Kembanglimus, Palpabang, serta Blondo. Sedangkan Gerbang Klangon ataupun Samudraraksa sudah beres serta bisa dilewati wisatawan.

Tidak hanya gerbang itu, terdapat pula pembangunan rute akses budaya. Rute wisata ini mengaitkan Candi Mendut, Pawon, serta Borobudur. Kemudian penataan concourse ataupun jalur utama yang terletak di kawasan Candi Borobudur. Terakhir, ada Plaza Borobudur. Concourse serta Plaza Borobudur dibentuk dengan tujuan melindungi supaya candi berumur panjang.

Dengan terdapatnya kedua penyusunan ini, diharapkan turis bisa berfoto dengan latar candi, tanpa perlu naik ke atas monumen candi. Mengeingat bobot tubuh turis yang dikhawatirkan bisa merubah posisi batu- batu candi.

Pembangunan di Area cagar budaya, tutur Hetty memanglah membutuhkan banyak kajian. Hasil kajian seperti itu yang dituangkan dalam data HIA. Yang jadi determinan utama yakni terdapat atau tidaknya persetujuan dari Direktorat Perlindungan Kebudayaan yang berasal dari berbagai pertimbangan.

Sederhanya tutur Hetty, prosesnya mulai dari melihat konsep penyusunan. Setelah itu dilakukan kajian terhadapnya. Setelah persetujuan di tangan, kemudian pembangunan fisiknya mulai digarap.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*