PUPR Jateng Lakukan Kegiatan Penataan 3 Kawasan Cagar Budaya

uchitenglish – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan penataan tiga kawasan cagar budaya di Jawa Tengah untuk mendukung perlindungan bangunan bersejarah.

PUPR Jateng Lakukan Kegiatan Penataan 3 Kawasan Cagar Budaya

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Minggu mengatakan: “Konsep zonasi telah disesuaikan dengan fungsi kota sebagai kota tujuan wisata yang ramah lingkungan, dan dipertahankan melalui partisipasi pemerintah daerah dari perencanaan hingga pembangunan. Kearifan lokal. “.

Pemerintah percaya bahwa pariwisata adalah salah satu sektor ekonomi utama yang dapat dengan cepat pulih atau pulih sesuai dengan tatanan normal baru dan hidup berdampingan secara damai dengan pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, dalam rangka mendukung pemulihan industri pariwisata, Kementerian PUPR telah menyusun tiga kawasan cagar budaya atau kawasan cagar budaya di Jawa Tengah.

Tiga kawasan cagar budaya Jawa Tengah yang diselenggarakan Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya adalah Istana Mangkunegaran Kota Surakarta, Alun – alun Lasem di Kabupaten Rembang dan Masjid Agung Baiturrahman Kota Semarang.

Tata ruang Kawasan Cagar Budaya Pura Mangkunegaran meliputi bangunan Prangwedanan, bangunan Ndalem Ageng dan Pringgitan, bangunan Rekso Pustoko dan tata ruang lansekap. Anggaran untuk kegiatan ini sebesar Rp 18 miliar.

Kawasan cagar budaya kedua yang akan ditata ulang terletak di Alun – alun Lasem di Kabupaten Rembang. Areal yang ditata ulang seluas kurang lebih 10.000 meter persegi, yang meliputi pekerjaan di area alun – alun Lasem, pekerjaan konstruksi pasar, pekerjaan pertamanan di area Masjid Jami, dan tata letak area Karangturi, Kauman dan Jatigoro. Strukturnya memiliki anggaran sebesar Rp 114,6 miliar yang didasarkan pada multi years contract (MYC) 2021-2022.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*