Ulama Berperan Penting dalam Pengembangan Seni Budaya Islam

Ulama Berperan Penting dalam Pengembangan Seni Budaya Islam

Ulama Berperan Penting dalam Pengembangan Seni Budaya Islam

Ulama berperan penting dalam pengembangan seni budaya Islam. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi, saat membuka Rakornas Komisi Pembinaan Seni Budaya Islam (KPSBI) MUI yang diselenggarakan secara daring, Sabtu (11/7). Rakornas itu mengusung tema “Penguatan Strategi Seni Budaya Islam untuk Indonesia Berkeadaban”.
Bandar Taruhan
Narasumber yang hadir dalam acara tersebut yaitu Ketua MUI Bidang PSBI Sodikun, sastrawan alumni santri Futuhiyyah Mranggen Demak Habiburrahman El Shirazy sekaligus Ketua KPSBI MUI, dan Produser film “The Battle of Surabaya” Prof. Suyanto. Kegiatan diikuti oleh seniman budayawan Islam seperti Erick Yusuf, serta alim ulama dari seluruh Indonesia yang peduli seni budaya Islam Indonesia.

Dalam sambutan membuka rakornas, Zainut Tauhid mengapresiasi rakornas sebagai ikhtiar KPSBI MUI dalam mengambil peran himayatul ummah, yaitu melindungi umat dari seni dan budaya yang tidak disesuai dengan karakter Islam wasathiyah, Islam rahmatan lil alamin.

Wakil Menteri (Wamen) Agama itu menyampaikan bahwa secara historis Indonesia sejak dulu telah meresepsi dan mengharmonisasi berbagai budaya yang berasal dari bangsa China, India, Arab, dan Eropa, sehingga terjadi akulturasi dan berkontribusi pada terbentuknya peradaban nusantara kini.