5 Fakta Mengejutkan Dari Suku Uros, Suku Yang Hidup di Tengah Pulau

5 Fakta Mengejutkan Dari Suku Uros, Suku Yang Hidup di Tengah Pulau – Pernahkah Anda mendengar tentang suku Uros? Suku Uros tinggal di Danau Titicaca. Danau ini terletak di sebelah timur Peru dan di sebelah barat Bolivia. Diperkirakan mereka telah hidup di Danau Titicaca sejak 3700 tahun silam, hingga saat ini budaya dan tradisi suku Uros masih dilestarikan dalam kehidupan.

5 Fakta Mengejutkan Dari Suku Uros, Suku Yang Hidup di Tengah Pulau

Harum tor buluh melimpah dan menjadi sendi utama dalam hidup mereka. Mulailah dengan membuat pulau-pulau yang membutuhkan perawatan rutin, membangun rumah, peralatan rumah tangga, perahu, dll.

Banyak fakta menarik lainnya yang bisa dipelajari dari suku Uros. Simak fakta-faktanya berikut ini!

1. Hidup di danau

Danau Titicaca adalah danau terbesar di Amerika Selatan. Sejak 3700 tahun silam, danau seluas 8.310 meter persegi ini telah dihuni manusia. Suku Uros hidup di danau dengan membuat pulau sendiri menggunakan tanaman Torah.

Segala aspek kehidupan suku Uros sangat bergantung pada tumbuhan tersebut. Mulailah dengan membuat pulau, rumah, perahu, tempat tidur, furnitur, kerajinan tangan, dll.

2. Lebih tua dari suku Inca

Suku Inca dianggap sebagai salah satu kerajaan pra-Columbus dan berhasil menguasai wilayah Amerika Selatan. Di balik kesuksesan suku Inca, ternyata salah satu suku berhasil dikalahkan, salah satunya adalah suku Uros. Mereka memilih bermigrasi ke Danau Titicaca sebagai strategi untuk kelangsungan hidup suku Inca yang berhasil memperluas wilayah mereka di daratan.

Bahkan diyakini bahwa suku Uros merupakan ras pertama yang menetap di Andes jauh sebelum suku Inca. Setelah pindah ke puncak danau, mereka menyebut diri mereka Lupihaques, yang berarti anak-anak matahari.

3. Tidak pernah menolak modernisasi

Jika Anda melihat suku yang sangat primitif dan unik, menolak untuk dimodernisasi, dan tetap berpegang pada budaya kuno, Anda mungkin memikirkan ide-ide Anda. Padahal, hal tersebut tidak berlaku bagi suku Uros.

Mereka sangat menerima modernisasi dan zaman yang berubah cepat. Misalnya mereka memiliki TV, menggunakan telepon genggam, radio, dan menggunakan panel surya untuk listrik, sehingga anak-anak mereka dapat mengenyam pendidikan.

Uros tidak hanya berubah seiring waktu, tapi juga sangat terbuka, senang menerima pengunjung dari luar. Bahkan kehadiran wisatawan menjadi sumber pendapatan utama mereka.

4. Budaya suku Uros

Selain bertumpu pada pariwisata, memancing, menembak burung, dan mengumpulkan telur burung menjadi mata pencaharian suku Uros. Tetapi hal utama yang harus dilakukan oleh semua pria Uros adalah memanen buluh agave, karena mereka harus memperbaiki pulau dan rumah secara teratur.

Para wanita suku Uros pun tak tinggal diam. Mereka memiliki aktivitas membuat kerajinan tangan dari Tola dan menjualnya kepada wisatawan. Faktanya, keahlian mereka sangat unik dan menarik.

Meski terlihat unik, wanita Uros selalu mengenakan pakaian berwarna cerah dan topi bowler.

5. Tujuan destinasi wajib saat ke Peru

Pemerintah Peru telah menetapkan Andes dan Danau Titicaca sebagai taman nasional.Selain menyaksikan pemandangan alam, juga perlu memberikan penghormatan kepada penduduk Danau Titicaca ketika mengunjungi Peru atau Bolivia.

Hanya 20 menit dari Puno, Peru, Anda menerima sambutan hangat dari mereka. Jika perjalanan sehari tidak memuaskan, akomodasi khusus dapat disediakan untuk wisatawan. Tentu anggaran harus dipertimbangkan.

Tetap mempertahankan budaya, adat istiadat dan tradisi nenek moyang, namun tidak ikut serta dalam kehidupan modern, merupakan ciri khas suku Uros. Semoga budayanya terus berkembang dan tidak tertelan oleh perubahan jaman ya.