5 Tradisi Aneh Manusia Pada Abad Pertengahan Yang Lalu

5 Tradisi Aneh Manusia Pada Abad Pertengahan Yang Lalu – Kehidupan manusia berubah setiap tahun. Bagi orang yang hidup beberapa abad yang lalu, melihat dunia saat ini pasti akan terasa aneh. Jika kita kembali ke masa lalu dan melihat kembali kehidupan orang-orang di masa lalu, termasuk mereka yang hidup di Abad Pertengahan, kehidupan mereka juga demikian.

5 Tradisi Aneh Manusia Pada Abad Pertengahan Yang Lalu

Dimulai dengan jatuhnya Kekaisaran Romawi pada abad ke-5, Abad Pertengahan merupakan periode perubahan besar dalam tatanan kehidupan Eropa. Berbeda dengan kehidupan kita sendiri, kehidupan di Abad Pertengahan penuh dengan hal-hal aneh dan tidak biasa.

Berikut 7 kebiasaan aneh di Abad Pertengahan yang telah dilansir dari livescience.com, yang akan membuat Anda takjub!

1. Laki-laki memakai korset

Korset saat ini hanya digunakan oleh wanita, dan hanya pada acara-acara tertentu. Namun, jika Anda kembali ke tahun 1390, Anda akan melihat banyak bangsawan dengan korset berjalan-jalan di kota. Di awal abad ke-14, tidak hanya wanita yang memamerkan tubuh mereka, tetapi pria juga menunjukkannya. Salah satu caranya adalah dengan memakai korset ketat di bagian pinggang. Tak hanya mengenakan korset, mereka juga mengenakan celana ketat.

2. Binatang bisa diseret ke pengadilan

Pada Abad Pertengahan, hukum tidak hanya diterapkan pada manusia, tetapi juga pada hewan. Percaya atau tidak, hewan dapat dituduh sebagai penjahat, diadili, dan bahkan dihukum karena melakukan kesalahan. Misalnya, pada tahun 1457, seekor babi di Prancis digantung setelah dituduh membunuh sekelompok orang.

Tak hanya babi, beberapa tikus pun kerap mendapat surat peringatan karena berani mencuri gabah yang disimpan di gudang.

3. Makan sepotong roti bisa menyebabkan halusinasi

Saat ini, musim panas selalu identik dengan musim liburan. Tetapi bagi orang Eropa di Abad Pertengahan, musim panas identik dengan kelaparan. Hal ini karena pada musim panas, meski panen raya masih jauh, masyarakat sering kehabisan gandum untuk membuat roti. Agar tidak kelaparan, orang harus membuat roti dari roti yang disimpan dalam gandum hitam.

Sayangnya karena waktu penyimpanan yang lama, kualitas gandum menjadi buruk dan ditumbuhi jamur ergot yang sangat berbahaya. Akibatnya saat gandum diolah menjadi roti, orang yang makan gandum akan mengalami halusinasi bahkan meninggal.

4. Model sepatu yang aneh pada abad pertengahan

Selain korset dan legging, sepatu yang dikenakan para bangsawan di Abad Pertengahan juga sangat aneh. Pada tahun 1330, orang tidak lagi memakai sepatu yang sama seperti yang digunakan sekarang, melainkan memakai sepatu ujung runcing yang disebut Cracow.

Untuk bisa memasukkan semua jarinya, para bangsawan ini harus mengikat jari-jarinya dengan benang wol. Meski menyakitkan dan tidak nyaman, sepatu jenis ini sangat populer di Abad Pertengahan.

5. Sepak bola menjadi olahraga yang terlarang di Inggris

Sepak bola adalah olahraga favorit seluruh orang. Namun siapa sangka jika dulu olahraga ini sempat menjadi olahraga yang dilarang di Inggris. Tenang dan larang sepak bola karena saat itu sangat berbahaya. Berbeda dengan sepak bola saat ini, sepak bola di Abad Pertengahan tidak memiliki aturan.

Setiap orang dapat bergabung dengan cara apa pun dan mencetak gol. Alhasil, olahraga ini menimbulkan banyak kecelakaan bahkan kematian. Tidak ingin permainan bar berlanjut Pada tanggal 13 April 1314, Raja Edward II melarang bermain sepak bola di Inggris dan menghukum siapa saja yang berani bermain sepak bola.