Beberapa Tradisi Unik Sambut Ramadhan di Negara Timur Tengah

uchitenglish – Ramadhan adalah bulan suci yang ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia. Karena antusiasme mereka, komunitas Muslim di seluruh dunia memiliki cara dan tradisi masing-masing untuk menyambut Ramadhan.

Beberapa Tradisi Unik Sambut Ramadhan di Negara Timur Tengah

Apalagi di negara Timur Tengah, biasanya ada beberapa cara dan tradisi unik menjelang Ramadhan. Penasaran apa saja, yuk kita lihat!

1. Tradisi Haq Al Laila – Uni Emirates Arab

Haq Al Laila merupakan tradisi atau kebiasaan yang sering dianut masyarakat di Timur Tengah, khususnya Uni Emirat Arab, untuk menyambut Ramadan. Tradisi ini sering dikatakan mirip dengan Halloween, karena anak-anak yang berjalan dari satu rumah ke rumah lain meminta hadiah juga membuatnya hidup.

Di malam hari, setelah kebaktian Marguerite selesai, anak-anak dengan pakaian tradisional lokal akan mulai memenuhi jalanan dengan kantong permen, coklat, dan kacang-kacangan. Tidak hanya itu, anak-anak akan bernyanyi di jalan atau saat pintu rumah dibuka oleh orang-orang.

Lagu ini akan digantikan oleh reward berupa permen, coklat atau kacang-kacangan. Tradisi unik ini biasanya dilakukan setiap tanggal 15 sya’ban atau setiap dua minggu saat sebelum bulan Ramadhan.

2. Tradisi Sahar-khwani – Turki

Cara unik menyambut Ramadan berikutnya datang dari Turki. Saat fajar pertama Ramadhan tiba, orang-orang di sana akan bermain genderang. Tabuhan bedug tidak lebih dari membangkitkan orang untuk mempersiapkan Sahur.

Tradisi bedug ini biasanya diinspirasi oleh sekitar 2.000 penabuh di jalanan Turki. Selain bermain drum, musisi juga akan memberi manfaat kepada orang-orang yang mereka temui, termasuk menyumbang uang atau mengundang mereka makan malam.

Kebiasaan memberi dianggap lebih membawa manfaat dan berkah bagi penabuh drum.

3. Tradisi Fanous – Mesir

Detik – detik sebelum Ramadhan di Kairo, Mesir, semua jalan akan meriah dan warna lampion di langit-langit disebut “fanoos”. Lampion sengaja dihias, melambangkan persatuan dan kegembiraan yang mengiringi masyarakat Kairo sepanjang Ramadhan.

Dekorasi lentera tidak hanya terlihat di langit-langit jalan, tetapi juga di rumah, toko, dan pusat perbelanjaan. Anak-anak akan bernyanyi dengan lentera yang indah di jalan.

4. Gelar pasar dadakan – Aljazair

Di Aljazair, orang-orang akan mengadakan pasar dadakan di jalan-jalan untuk merayakan Ramadan. Pasar dadakan akan dimulai pada malam hari hingga menjelang fajar.

Selain pasar dadakan, juga ada festival malam yang bakal bikin suasana makin ceria. Hiruk pikuk pasar dadakan adalah simbol persatuan dan harmoni seluruh komunitas Aljazair.

5. Tradisi Mengecat rumah – Maroko

Mengecat rumah merupakan kebiasaan unik masyarakat Maroko yang kerap menyambut Ramadhan. Biasanya diadakan dua atau tiga minggu sebelum datangnya Ramadhan.

Selain mengecat rumah, masyarakat di sana juga akan membersihkan dan merapikan rumah. Kegiatan ini adalah perwujudan dari iman, dan kebersihan adalah bagian dari iman.

Sebelum memasuki bulan penuh kesucian, kita juga harus menyambutnya dengan kesucian, bukan? Mungkin inilah salah satu niat tersirat yang coba disampaikan oleh orang Maroko melalui kebiasaan unik mereka.

Itu adalah beberapa cara unik orang-orang di Timur Tengah menyambut Ramadhan. Kegembiraan dan kegembiraan yang dibawa oleh metode unik di atas menunjukkan bahwa Ramadhan adalah bulan spesial yang paling dinantikan bagi umat Islam di seluruh dunia.