Makna Tari Burung Enggang, Tarian Dari Suku Dayak Kenyah

uchitenglish – Tari burung enggang sering juga disebut dengan tarian burung enggang. Tarian ini merupakan salah satu kesenian masyarakat Dayak Kenya yang ada di Kalimantan Timur.

Makna Tari Burung Enggang, Tarian Dari Suku Dayak Kenyah

Setiap kali diadakan upacara adat di suku Dayak Kenyah, maka tarian burung enggang wajib ditampilkan. Biasanya tarian ini juga dibawakan untuk merayakan leluhur dan menyambut tamu.

Apa itu tari burung enggang?

Makna Tari Burung Enggang

Melansir dari Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal Indonesia, Tari Burung Enggang menceritakan kehidupan burung enggang. Biasanya tarian ini dibawakan oleh wanita Kenya dari Dayak.

Dalam bahasa Dayak Kenyah, tari burung enggang sering disebut dengan tari Kancet Lasan. Tarian ini sangat populer di kalimantan timur dan sering ditampilkan di berbagai acara penting.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat Dayak Kenya, nenek moyang mereka turun dari langit dan mendarat di bumi dengan bentuk yang mirip dengan burung enggang. Oleh karena itu tarian ini sering dibawakan untuk mengenang atau menghormati leluhur.

Bagi masyarakat Dayak Kenyah, burung enggang memegang peranan yang sangat penting. Banyak orang menggunakannya dalam upacara dan tarian tradisional.

Hal tersebut terlihat dari ukiran yang dibuat oleh suku Dayak Kenya pada setiap permukaan benda. Tak hanya itu, bulu burung enggang juga dijadikan atribut saat menari.

Tarian burung enggang dapat diartikan sebagai penghormatan orang Dayak Kenya kepada nenek moyang mereka. Namun sebagian orang mengartikan tarian ini sebagai simbol perpindahan orang Dayak Kenyah dari satu tempat ke tempat lain.

Perlu dicatat bahwa orang Dayak Kenyah telah berpindah-pindah atau nomaden. Tujuannya untuk menemukan keamanan dan menghindari perang antar suku.

Gerakan Tari Burung Enggang

Mengutip dari Encyclopedia DKI Jakarta, tarian burung enggang hanya dibawakan oleh perempuan untuk merepresentasikan burung enggang.

Tarian burung enggang atau tari enggang menggunakan pola lantai melengkung atau melengkung. Bentuk posisi penari saat menari dan bergerak melengkung.

Ada tiga gerakan dasar dalam tarian burung enggang, yaitu:

  • Nganjat

Gerakan nganjat merupakan gerakan utama dari tarian ini. Sekilas, ia bergerak seperti burung enggang saat mengepak dan menutup sayapnya. Nganjat melambangkan gerakan anggun penari Dayak.

  • Ngasai

Selama ngasai, pergerakan ngasai mirip dengan gerakan burung enggang saat terbang.

  • Purak Barik

Gerakan barik purak adalah gerakan perpindahan tempat penari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*