Melatih Listening Melalui Lagu : Apakah Efektif?

Melatih Listening Melalui Lagu : Apakah Efektif? Melatih keterampilan mendengarkan adalah salah satu hal penting yang perlu Anda pelajari saat mempelajari bahasa baru. Keterampilan menyimak dan menyimak tidak terjadi begitu saja, mereka perlu terus menerus dibiasakan dan dilatih.

Melatih Listening Melalui Lagu : Apakah Efektif?

Uchitenglish – Sejauh ini, salah satu metode latihan mendengarkan yang paling banyak digunakan adalah dengan menggunakan lagu karena dianggap efektif dan menyenangkan.

Biasakan mendengarkan bahasa yang ingin kita pelajari

Salah satu kunci untuk tingkatkan keterampilan mendengarkan kita adalah membiasakan diri mendengarkan bahasa. Sulit untuk dipahami pada awalnya, tetapi ketika Anda bersentuhan dengan bahasa itu setiap hari, Anda secara alami menjadi terbiasa dan mencoba mencari tahu apa artinya. Lagu memungkinkan kita untuk melakukan ini.

Baca Juga : Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Keren untuk Tingkatkan Kemampuanmu

Aktivitas mendengarkan lagu merupakan aktivitas yang biasa dilakukan banyak orang secara alami. Jika Anda sudah menyukai musik dalam sebuah lagu, tentu kita akan terbiasa mendengarkannya berulang-ulang dan akhirnya mendengarkan bahasa asing.

Belajar mendengarkan dengan mudah dengan lirik

Dapatkah Anda menghitung sebagai seseorang yang cepat mengingat lirik sebuah lagu? Ya, sebagian besar lirik mudah diingat oleh banyak orang karena memiliki musik pengiring.

Musik sebuah lagu biasanya memiliki pola pengulangan, sehingga lagu berikutnya akan menempel di kepala Anda dan berdering tanpa Anda sadari. Proses ini memudahkan untuk mengenali kosakata baru dari bahasa asing yang ingin Anda pelajari.

Meningkatkan kemampuan kognitif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik dan lagu memiliki banyak efek positif pada otak dan tubuh manusia. Saat mendengarkan musik, otak kiri dan kanan kita aktif secara bersamaan, dan aktivitas kedua otak tersebut dapat memaksimalkan proses penelitian dan meningkatkan daya ingat kita.

Baca Juga : Reog Kendang, Perpaduan Musik Kendhang dan Seni JarananĀ 

Selain itu, musik juga dapat menambah dampak positif dan kepuasan bagi pendengarnya, apalagi jika jenis musik yang mereka dengarkan adalah yang biasa mereka nikmati dan sukai. Dalam suasana seperti ini, proses belajar kita lebih efektif dan maksimal, belum lagi ingin melatih kemampuan mendengar.

Apakah Anda lebih tertarik untuk melatih keterampilan mendengarkan Anda melalui lagu? Agar lebih seru, setelah mendengarkan lagu, kamu bisa mencoba aktivitas seperti menebak dan memainkan lirik lagu, atau melengkapi lirik lagu bersama teman-temanmu.