Mengenal Tari Pong Lang, Tarian Tradisional Yang Berasal Dari Thailand

uchitenglish – Thailand adalah salah satu negara Asia Tenggara. Negeri ini telah memperoleh banyak julukan, seperti negeri seribu menara dan negeri gajah putih. Selain julukan tersebut, Thailand juga terkenal dengan kekayaan budaya dan seninya. Misalnya melalui seni tari tradisional.

Mengenal Tari Pong Lang, Tarian Tradisional Yang Berasal Dari Thailand

Melansir dari jurnal berjudul Comparison of the Music Sound System between Thailand and Vietnam (2013) karya Sansanee Jasuwan, Pong Lang merupakan salah satu alat musik tradisional Thailand.

Sekilas alat musik ini terlihat seperti gambang, dan sering digunakan dalam musik gamelan Jawa. Pong Lang berasal dari wilayah Isan, tepatnya berada di wilayah timur laut Thailand.

Cara memainkannya hampir sama dengan gambang dalam Gamelan Jawa, yaitu dipukul dengan benda yang mirip dengan palu kayu keras. Jika dipukul, Pong Lang akan menghasilkan nada dan irama yang khas.

Pang Lang bisa bermain sendiri-sendiri, atau tanpa iringan. Namun, itu juga bisa dimainkan dengan alat musik lain, seperti dalam pertunjukan musik atau band.

Menurut Watcharaphong Soongpankhao dalam jurnal “Thai Classical Dance (2017) “, instrumen Pong lang sering digunakan dalam berbagai kegiatan, mulai dari upacara adat atau keagamaan hingga festival budaya. Salah satunya adalah tari tradisional.

Tarian Pong Lang merupakan tarian khas di timur laut Thailand. Tarian ini biasanya dibawakan oleh pria dan wanita secara berpasangan. Namun Tari Panglang juga bisa dibawakan secara berkelompok. Misalnya dua pria dan dua wanita.

Seperti namanya, tarian ini diiringi oleh alat musik Pong Lang. Tempo jenis musik yang digunakan sangat cepat dan kuat memberikan kesan antusias.

Menurut jenis musik yang digunakan, gerak tari Pang Lang bersifat dinamis. Tarian dinamis yang dipadukan dengan irama musik bertempo cepat menjadi salah satu pesona tari Pong Lang.