Penyerahan Manuskrip Berstempel Sultan Syarif Kasim I Berusia Ratusan Tahun

Penyerahan Manuskrip Berstempel Sultan Syarif Kasim I Berusia Ratusan Tahun

Penyerahan Manuskrip Berstempel Sultan Syarif Kasim I Berusia Ratusan Tahun

Sebuah manuskrip tentang dengan histori Kesultanan Siak diserahkan Komunitas Pelindung Cagar Budaya Siak (PCBS) kepada Dinas Perpustakaan & Arsip Kabupaten Siak.

Manuskrip berwujud unik ini diserahkan untuk sesudah itu didata dan direstorasi. Benda tersebut merupakan milik keluarga Ketua PCBS Tatang Syafrawi.

Manuskrip penting itu disimpan secara turun temurun oleh keluarganya.

Saat disaksikan secara dengan kepala Dinas Perpustakaan & Arsip, manuskrip dalam bambu itu masuk dalam kategori lazim dan pemerintahan.

Benda itu memuat penunjukan “Penghulu Betung” pada jaman itu beserta tugas, wewenang serta batasan-batasan wilayahnya.

Manuskrip itu bertarikh th. 1302 hijriah atau th. 1885 masehi dengan cap stempel Sultan Abdul Jalil Saifuddin Syarif Kasim Ba’ Alawi atau Sultan Syarif Kasim I.

Jenis kertas belum diketahui dengan ukuran leter, mengfungsikan aksara Jawi atau postingan Arab Melayu.

Seperti dikatakan Tatang Syafrawi, penyerahan manuskrip itu untuk didata dan direstorasi atas kemauannya sendiri sebagai pegiat sejarah.

“Mengingat manuskrip ini merupakan arsip penting dan mempunyai nilai sejarah. Kondisinya udah jadi lapuk, oleh dikarenakan itu manuskrip ini perlu direstorasi,” mengetahui Tatang Syafrawi kepada SuaraRiau.id, Sabtu (9/1/2021)

Tatang Syafrawi mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Siak terutama Dinas Perpustakaan dan Arsip yang udah mengadakan program restorasi arsip-arsip bersejarah.