Tips Belajar Listening untuk Remaja

Tips Belajar Listening untuk Remaja Mempraktikkan kekuatan mendengarkan untuk banyak remaja sangat sulit. Tapi jika Anda mau dan tahu tips penelitian yang tepat, tidak ada yang tidak bisa Anda lakukan. Apa tips belajar mendengarkan yang dapat Anda tiru untuk remaja?

Tips Belajar Listening untuk Remaja

Uchitenglish – Saat belajar bahasa Inggris, Anda harus menguasai semua aspek membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Tentu saja, mereka semua terkait dan memiliki tantangannya sendiri. Biasanya, anggota yang paling kesulitan berbicara dan mendengarkan. Sangat sulit untuk mendengar percakapan sehari-hari karena orang tidak memiliki kebiasaan mendengarkan sesuatu dalam bahasa Inggris.

1. Materi mendengarkan bahasa Inggris

Latihan daya dengar harus dilakukan setiap hari dan dalam jangka panjang. Untuk membuat pembelajaran Anda lebih praktis, Anda dapat mengunduh materi mendengarkan ke ponsel Anda. Bahan seperti apa yang cocok? Tentu saja podcast. Saat ini, tren podcast sedang meningkat.

Ada banyak materi bahasa Inggris yang dapat Anda unduh dan dengarkan kapan saja. Daftar podcast yang dapat Anda dengarkan termasuk podcast Clips ESL, podcast Effortless English, The Filmcast, dan The School of Greatness.

2. Luangkan waktu

Harus ada banyak waktu luang yang tersedia 24 jam sehari untuk tetap produktif setiap saat. Misalnya, Anda dapat belajar mendengarkan dengan sesuatu yang tidak memerlukan banyak konsentrasi, seperti memasak atau membersihkan rumah sambil menunggu bus.

Anda dapat mendengarkan podcast yang diunduh sebelumnya sambil selalu melakukan aktivitas lain. Itu ide yang terlalu pintar, bukan? Ini adalah langkah untuk lebih meningkatkan kemampuan Anda ketika Anda sibuk.

3. Membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan

Remaja suka menghabiskan waktu bermain, terhubung dengan fasilitas sosial, dan menonton. Jika Anda ingin meluangkan waktu untuk belajar mendengarkan, buatlah kegiatan ini menyenangkan.

Metode? itu mudah. Anda dapat melihat YouTube dengan konten bahasa Inggris. Apakah ada banyak konten menarik di platform? Anda juga dapat menonton film dalam bahasa Inggris. Saat ini sudah banyak akses untuk menonton film secara legal.

4. Kekuatan poin penting

Bagi mereka yang berada pada tahap awal belajar mendengarkan, adalah wajar untuk tidak menyadari keseluruhan isi percakapan. Namun, cobalah untuk fokus pada kalimat yang terutama diucapkan oleh pembicara dengan intonasi yang ditekan, dan ambil poin absolut dari keseluruhan isi obrolan.

Jangan dipaksa untuk memperhatikan setiap kata yang Anda dengar. Yang paling penting adalah memperhatikan seluruh percakapan dan memahami intinya. Berfokus pada semua kata memberi Anda lebih banyak untuk sisa percakapan.

5. Mendengarkan, membaca, berbicara

Cobalah berbagai cara untuk melatih kemahiran bahasa Inggris Anda. Tidak hanya untuk membaca, tetapi juga untuk mengatakan. Sambil belajar mendengarkan juga. Jangan hanya mendengarkan, membaca dan berkata. Maka otak Anda akan mengucapkan kata dengan sempurna.

Ketika Anda mendengar kata itu lagi, otak Anda akan secara otomatis mengingatnya dan menjadi lebih sadar akan percakapan yang sedang berlangsung.