Tipsnya Susah Fokus saat Belajar Bahasa Inggris

Tipsnya Susah Fokus saat Belajar Bahasa Inggris Mungkin sebagian besar dari kita mengira otak mampu multitasking. Sayangnya, fakta membuktikan bahwa otak tidak bekerja dengan baik ketika kita melakukan banyak hal sekaligus. Namun, otak bekerja paling baik ketika Anda fokus pada satu hal. Mungkin Anda juga akan bersedia membaca bahwa belajar bersama sambil melakukan hal lain itu menyenangkan.

Tipsnya Susah Fokus saat Belajar Bahasa Inggris

Uchitenglish – Masalah apa yang membuat kita sulit untuk fokus? Ya, salah satunya adalah ketika ada begitu banyak masalah di sekitar kita. Jadi bagaimana Anda tetap fokus pada satu aktivitas pada saat banyak aktivitas lain mengambil alih waktu Anda?

1. Buat skala prioritas

Memprioritaskan adalah hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin fokus saat belajar. Anda dapat mulai membuat daftar apa yang harus dipelajari dan apa yang harus dilakukan hari itu. Setelah Anda mengumpulkan semua daftar, Anda akan melihat daftar pilihan.

Baca Juga : Sederet Tips Jadi Mahir Bahasa Inggris untuk Pemula

Pastikan untuk fokus pada satu hal di pagi hari. Jika semuanya berjalan dengan baik dan Anda dapat menyelesaikannya tepat waktu, lanjutkan ke daftar berikutnya. Lakukan setiap hari agar fokus Anda tidak terpecah.

Selain itu, skala prioritas ini memudahkan untuk mengatur jadwal pembelajaran yang sesuai nantinya.

2. Cari tempat yang nyaman

Jika fokus terjalin saat belajar, lokasi bisa berpengaruh signifikan. Bagi sebagian orang, perpustakaan merupakan tempat yang nyaman bagi mereka ketika ingin berkonsentrasi belajar. Namun, beberapa orang menjadi kedai kopi, tetapi itu adalah tempat yang paling nyaman untuk belajar.

Pastikan Anda memiliki cukup ruang untuk meletakkan semua yang Anda butuhkan, di mana pun Anda berada. Selain itu, pemilihan furnitur juga sangat penting karena dapat mempengaruhi postur tubuh Anda. Pilih kursi dan meja yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Belajar tentu bisa memakan waktu, dan jika Anda baru mengenal meja dan kursi, hal-hal berikut ini dapat memengaruhi suasana hati Anda dan semakin mengurangi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi saat belajar.

3. Buat ritual belajar

Dalam hal tetap fokus saat belajar, penting untuk memicu ritual sebelum pergi belajar. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan meja, menutup pintu, memastikan semuanya ada di sekitar Anda, menyalakan lagu ketika Anda merasa dapat meningkatkan suasana hati dan melindungi Anda, dan tetap fokus. Apakah untuk melakukan.

Menggunakan 5 menit pertama untuk memicu lingkungan belajar yang mendukung tidak hanya membuat Anda siap secara fisik untuk belajar, tetapi juga memudahkan untuk melatih otak dan fokus Anda.

Dengan memastikan lingkungan Anda bersih dari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian Anda, pikiran Anda akan langsung fokus pada hal yang penting.

4. Hapus semua yang dapat mengganggu fokus

Sebagian besar dari kita setuju bahwa smartphone dan berbagai aplikasi di dalamnya seringkali menjadi aspek utama mengapa mereka sulit berkonsentrasi saat belajar. Jika Anda mendapat notifikasi saat sedang belajar, Anda akan langsung terganggu.

Baca Juga : Mengenal Macam-Macam Diagram dan Fungsinya

Anda dapat membiarkan ponsel Anda terbuka selama 5 menit untuk melihat apakah pemberitahuan berikutnya adalah pesan penting. Namun, pada kenyataannya, 5 menit bisa menjadi 15 menit, 30 menit, dan seterusnya.

Kemudian, ketika orang ingin belajar lagi, biasanya mereka membutuhkan 15 hingga 20 menit untuk kembali fokus pada apa yang mereka lakukan. Berapa banyak waktu yang Anda buang jika Anda mengerjakan matematika? Jika Anda tidak menginginkannya, Anda harus mengeluarkan sementara smartphone dan benda lain yang sering mengganggu konsentrasi Anda.

5. Atur waktu belajar

Belajar untuk waktu yang lama tidak menghalangi Anda untuk memahami dan menyadari apa yang Anda pelajari. Tentu saja, jika terlalu lama, juga sulit untuk fokus. Yang harus Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah ini adalah mengatur bersama untuk sementara waktu.

Jika Anda harus belajar 7 jam sehari, Anda harus menyisihkan satu jam untuk istirahat. Jam ini bisa digunakan untuk aktivitas apa saja yang bisa meremajakan kembali mood karena harus belajar lagi. Selain itu, setiap setengah jam harus memakan waktu setidaknya 5-10 menit untuk menyegarkan pikiran Anda.

Misalnya, Anda bisa melakukan peregangan, pergi keluar, dan melakukan aktivitas lainnya. Jika Anda menerapkan ini, tidak ada keraguan bahwa kegiatan belajar akan menyenangkan dan mudah untuk berkonsentrasi.